Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 2 (2019): Pedagogos : Jurnal Pendidikan

Implementasi Strategi Pembelajaran PQ4R Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengingat Mahasiswa

Anita Rahmawati (STKIP BIMA)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengingat mahasiswa dengan mengimplementasikan strategi pembelajaran PQ4R. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Data tentang kemampuan mengingat mahasiswa diperoleh melalui tes yang dialkukan tiap ahir siklus. Tersebut berupa soal uraian. Hasil tes tersebut kemudian dianalisis dengan menghitung ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Dari analisis data diperoleh porsentase ketuntasan klasikal pada siklus I 43,4% dengan perolehan nilai tertinggi 86 dan nilai terendah 34 dan meningkat pada siklus II yaitu 91,3% dengan perolehan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 48. Dari data di atas maka dapat disimpulkan implementasi strategi pembelajaran PQ4R mampu meningkatkan kemampuan mengingat mahasiswa pada mata kuliah telaah kurikulum program studi Biologi semester VI B STKIP Bima.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

gg

Publisher

Subject

Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Pedagogos merupakan media publikasi ilmiah yang disediakan untuk menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian diberbagai bidang keilmuan dari kalangan guru-guru dosen, mahasiswa dan praktisi peneliti yang fokusnya di bidang ...