Jurnal Pendidikan Kimia (JPKim)
Vol 9, No 2 (2017): Agustus

Implementation of experiment method to improve student chemistry achievement based on rate of reaction material

Nova Irawati Simatupang (Program Studi Pendidikan Kimia)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi laju reaksi melalui penerapan metode eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh Kelas VIII SMP PENABUR Secondary Tanjung Duren tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 56 orang dan terdiri dari 3 kelas. Sampel dipilih secara acak dengan jumlah masing-masing 17 siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal essay test. Uji hipotesis dilakukan dilakukan dengan uji t-test dengan taraf signifikansi 0.05 menggunakan aplikasi spss. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa melalui uji hipotesis diperoleh nilai sig 0.033 < 0.05; data penelitian terdistribusi normal dengan nilai sig 0.843 > 0.05, serta menunjukkan homogenitas dengan nilai sig. = 0.953 > 0.05. Terdapat peningkatan hasil belajar kimia siswa melalui penerapan metode eksperimen sebesar 77,5%.Kata kunci: hasil belajar, kimia, laju reaksi, metode eksperimen

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Environmental Science

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPKim) yang dikelola Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan terbit 3 kali setahun, yakni bulan April, Agustus dan Desember. JPKim menerbitkan artikel ilmiah hasil-hasil penelitian pendidikan kimia dan kimia fundamental. JPKim juga menerbitkan artikel Review terkait ...