Jurnal Pendidikan Kimia (JPKim)
Vol 6, No 2 (2014): Agustus

THE INFLUENCE OF GUIDED INQUIRY LEARNING METHOD WITH MACROMEDIA FLASH TOWARD STUDENT’S ACHIEVEMENT IN THE SOLUBILITY AND SOLUBILITY PRODUCT TOPIC

Yeni Purwati (Guru SMP Swasta Perguruan Islam Amalia)
Retno Dwisuyanti (Guru SMP Swasta Perguruan Islam Amalia)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2014

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam topik kelarutan dan hasil kali kelarutan  dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing  dengan Macromedia Flash media. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas dua di RSBI SMA Negeri 2 Kisaran. Sampel adalah dua kelas yang dipilih dengan metode random sampling. Kelas eksperimen diajarkan dengan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan Macromedia Flash media dan kelas kontrol diajarkan dengan metode konvensional. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar yang distandarisasi oleh validator ahli dan validitas empiris. Data dianalisis dengan Microsoft Excel untuk Windows 2003. Hasil tes distandarisasi dan diperoleh 20 butir  soal yang valid dengan reliabilitas 0,937. Pengaruh metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan Macromedia Flash media untuk meningkatkan hasil belajar siswa diperoleh dari kemampuan siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sebelum perlakuan mengajar (pre test) dan setelah perlakuan mengajar (post test) dan data yang digunakan untuk mengetahui gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data distribusi normal dan sampel homogen. Kelas eksperimen yang diajarkan dengan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan Macromedia Flash media dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kategori tinggi (0.78 ± 0,0940) dan kelas kontrol yang diajarkan dengan metode konvensional dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kategori sedang (0.59 ± 0,1124). Analisis statistik menunjukkan  thitung (7.6454) > ttabel (1.6593). Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan Macromedia Flash media lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional. Selain itu, aspek kognitif yang dikembangkan dengan penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan Macromedia Flash media adalah C2, C3 dan C4. Tingkat aspek kognitif adalah C2 (Pemahaman), C3 (Aplikasi) dan C4 (Analisis). Rata-rata gain yang ternormalisasi adalah C2 (0.92, kategori tinggi), C3 (0,84, kategori tinggi), dan C4 (0.74, kategori tinggi). Kata kunci: Metode inkuiri terbimbing, Macromedia Flash, Kelarutan dan hasil kali kelarutan dan hasil belajar siswa

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Environmental Science

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPKim) yang dikelola Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan terbit 3 kali setahun, yakni bulan April, Agustus dan Desember. JPKim menerbitkan artikel ilmiah hasil-hasil penelitian pendidikan kimia dan kimia fundamental. JPKim juga menerbitkan artikel Review terkait ...