JURNAL STUDIA ADMINISTRASI
Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Studia Administrasi

Efektivitas Pelaksanaan Lesson Study Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Profesional Guru di SMP Negeri 52 Palembang

Lawati, Susi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana efektivitas pelaksanaan lesson study berbasis sekolah (LSBS) dalam meningkatkan profesional guru dan untuk mengetahui faktor apa sajayang memengaruhinya.Hasil dari penelitian ini yaitu efektivitas pelaksanaan lesson study berbasis sekolah dalammeningkatkan profesional guru di SMP Negeri 52 Palembang sudah cukup efektif. Berdasarkanteori efektivitas Duncan yaitu: 1) pencapaian tujuan telah tercapai dengan baik, proses pencapaian tujuan telah dijalankan pada setiap tahapannya dan menghasilkan guru-guru yang lebih profesional, aktif, inovatif dalam pembelajaran kepada siswanya. 2) integrasi, sosialisasi dilaksanakandengan cukup baik dan jelas, sehingga dapat dimengerti oleh peserta sosialisasi yaitu para guruSMP Negeri 52 Palembang untuk dapat dilaksanakan dalam bentuk kegiatan kelompok guru.3) adaptasi antarpeserta, dan adaptasi terhadap program lesson study di SMP Negeri 52 berjalan dengan baik, walaupun ada sedikit kendala mengenai komitmen dan kesungguhan peserta(guru) dalam mengikuti kegiatan ini. Adapun faktor pendukung lesson study berbasis sekolah diantaranya: 1) antusiasme guru dalam mengikuti pelatihan. 2) motivasi guru yang tinggi dalammeningkatkan profesionalismenya. 3) sumber daya manusia yang memadai (adanya narasumberyang berkompeten di bidangnya). Hambatan pelaksanaan lesson study berbasis sekolah di antaranya: 1) kurangnya pemahaman dan komitmen sebagian guru mengenai apa, mengapa, danbagaimana lesson study. 2) kecenderungan guru yang memiliki komitmen dan kesungguhan hatiuntuk melakukan yang terbaik, tetapi cenderung lebih memilih sikap sedang-sedang atau bahkancukup. 3) guru seringkali kurang melakukan refleksi diri tetapi hanya menunggu diberi masukanoleh kepala sekolah maupun pengawas.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jian

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Studia Administrasi is a peer-review journal published by Department of Public Administration STISIPOL Pahlawan 12, Bangka Belitung. We welcome all contributions on the following topics: Governance, Public organization, Public policy, Public service, Management, Bureaucratic ethics, ...