Idrak: Journal of Islamic Education
Vol. 2 No. 2 (2020): Idrak

Konseling Realitas dan Nomophobia: Kajian Pengantar tentang Konsep, Aplikasi dan Tantangan

Mutawally Mutawally (Sekolah Tinggi Agama Islam YPIQ Baubau)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Smartphone telah menjadi sebuah barang dengan tingkat kebutuhan yang tinggi bagi sebagian besar manusia. Tingginya kebutuhan tersebut disebabkan tersedianya fitur-fitur canggih yang dapat menunjang tugas dan pekerjaan keseharian menjadi lebih efisein. Namun, kemunculan smartphone yang diproyeksikan memberi sejuta manfaat ternyata menyisakan sebuah fenomena sosial yang memprihatinkan yaitu nomophobia. Di kalangan siswa misalnya, tidak sedikit dari mereka mengalami gangguan nomophobia ini, salah satu indikator tidak terbantahkan adalah tidak dapat lepas dari penggunaan smartphone. Padahal penggunaan smartphone yang melebihi batas wajar berpotensi membawa dampak negatif bagi tumbuh kembang siswa itu sendiri, misalnya malas belajar, hubungan sosial tidak baik, kurang fokus dalam belajar, dan sebagainya. Konselor sebagai ahli memiliki tanggungjawab moral untuk menangani persoalan yang mulai kronik ini tentu dengan memanfaatkan pelbagai strategi dan pendekatan yang efektif. Konseling realitas menjadi alternatif untuk diaplikasikan dalam mencegah atau mengurangi kecanduan nomophobia yang dialami siswa. Tulisan ini memberikan pengenalan awal kepada konselor sekolah tentang konsep dan aplikasi konseling realitas di sekolah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

idrak

Publisher

Subject

Education

Description

Idrak: Journal of Islamic Education adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ar-Raudlatul Hasanah, Medan, sejak 01 Desember 2018. Jurnal ini mengkaji ilmu-ilmu yang terkait dengan Pendidikan Islam dan Pondok Pesantren. Jurnal ini bertujuan sebagai media ...