Pada masa perkembangannya, anak usia dini mengalami berbagai macam perkembangan. Perkembangan anak usia dini khususnya keterampilan berbicara, keterampilan bercerita. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan keterampilan bercerita anak usia dini dengan menggunakan media pop-up book. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengaruh penggunaan pop-up book terhadap kemampuan bercerita anak usia dini. Sampel yang digunakan adalah 20 anak usia dini, terdiri dari 10 anak usia 3-4 tahun, dan 10 anak usia 5-6 tahun. Metode pengumpulan data didapat dari hasil instrumen penilaian dan dokumentasi sebagai pelengkap. Teknik analisa data menggunakan analisis statistik t-test untuk mencari perbandingan skor pre-test dan post-tes. Dari hasil analisis data untuk keterampilan bercerita siswa sebelum dan sesudah diberikan treatmen dengan menggunakan rumus t-test t-test dan t-tebal. Nilai yang diperoleh untuk t-tes adalah 19,959 sedangkan nilai t-tabel adalah 2,10. hal ini menunjukan bahwa nilai t-test lebih besar dari nilai t-tabel yang berarti penggunaan media pop up book efektif karena mampu meningkatkan keterampilan berceritan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan nilai rata-rata post test adalah 58,6 dan nilai t-test adalah 19, 959, memenuhi kategori baik artinya ada perubahan yang signifikan kemampuan bercerita siswa sesudah diberikan treatmen, sedangkan saran penggunaan Pop-Up Book harus menyusun materi yang memuat hal-hal kontemporer sehingga menunjang proses pembelajaran
Copyrights © 2021