Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dan respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran ARIAS terintegrasi pendekatan Problem Based Instruction. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 3 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi, tes tertulis dan angket. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat terjadi peningkatan aktivitas guru dari 88 pada siklus I menjadi 113,5 pada siklus II, peningkatan aktivitas belajar siswa dari 16,88 pada siklus I menjadi 22,72 pada siklus II, peningkatan hasil belajar dari 61,40 pada siklus I menjadi 80,10 pada siklus I dan siswa memberikan respon yang baik terhadap penerapan model pembelajaran ARIAS terintegrasi pendekatan Problem Based Instruction.
Copyrights © 2019