Artikel ini bertujuan membahas perbedaan kepercayaan diri dan kohesivitas peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler sepak bola dengan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta dengan menggunakan metode deskriptif komparatif. Pengumpulan data menggunakan teknik survei menggunakan angket. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta yang berjumlah 120 peserta didik. Sampel uji coba penelitian ini adalah peserta didik SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang berjumlah 30 peserta didik. Variabel dalam penelitian ini adalah kepercayaan diri dan kohesivitas peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler sepak bola dan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuisioner dengan 48 butir pernyataan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Hasilnya, menunjukkan bahwa ada perbedaan kepercayaan diri dan kohesivitas peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler sepak bola dan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler Hizbul Wathan.
Copyrights © 2020