Penelitian ini diawali dengan hasil belajar peserta didik masih rendah. Faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik diantaranya adalah pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat. Penulis mendapatkan gambaran dari observasi bahwa proses pembelajaran biologi di sekolah belum sesuai harapan. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental semu (Quasi Experimental Reasearch). Pada rancangan ini peserta didik dikelompokkan dalam dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen dan Kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif dan lembar observasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis adalah uji-t untuk kompetensi ranah kognitif dan Mann Whitney U untuk kompetensi ranah afektif dan psikomotor. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, diperoleh berupa kesimpulan, yaitu: kompetensi belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata ranah kognitif kelas eksperimen 87,7 dan kelas kontrol 80,35, ranah afektif kelas eksperimen 79,93 dan kelas kontrol 71,76 dan nilai rata-rata ranah psikomotor kelas eksperimen didapatkan 65,28 dan kelas kontrol 46,94.
Copyrights © 2020