Latar Belakang: Pendidikan adalah usaha mewujudkan suasana belajar kondusif serta merancang proses pembelajaran agar peserta didik mampu mengembangkan potensinya. Perkembangan TIK dalam pembelajaran mendukung terciptanya metode e-learning namun timbul pro dan kontra didalamnya sehingga mengganggu aspek keterampilan peserta didik. Untuk itu diperlukan evaluasi terhadap perubahan metode pembelajaran tersebut.Metode Penelitian: Penelitian ini termasuk jenis kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional. Pemilihan sampel dilakukan dengan total sampling dari keseluruhan populasi yang ada yaitu mahasiswa kedokteran FKK UMJ angkatan 2018 yang berjumlah sekitar 143 mahasiswa. Data dianalisis menggunakan SPSS v.25 dan uji statistik menggunakan uji Independent Sample T-test.Hasil Penelitian: Terdapat perbedaan nilai ujian praktikum dan nilai tutorial mahasiswa PSKD FKK UMJ angkatan 2018 saat melakukan pembelajaran tatap muka Sistem Kedokteran Tropis dan pembelajaran jarak jauh Sistem Urogenital. Nilai ujian praktikum lebih baik pada pembelajaran jarak jauh Sistem Urogenital dengan predikat A (44,1%) sedangkan nilai tutorial lebih baik pada pembelajaran tatap muka Sistem Kedokteran Tropis dengan predikat A (85,3%). Hasil analisis bivariat, nilai ujian praktikum dan nilai tutorial kedua sistem dengan dua metode pembelajaran yang berbeda terdapat perbedaan dengan Sig (2-tailed) < 0,05.Kesimpulan: Terdapat perbedaan komparasi nilai ujian praktikum dan nilai tutorial mahasiswa PSKD FKK UMJ angkatan 2018 saat pembelajaran tatap muka Sistem Kedokteran Tropis dan pembelajaran jarak jauh Sistem Urogenital.
Copyrights © 2021