JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol 5, No 2 (2021): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan)

Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19: Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi

Agus Muliadi (Pendidikan Biologi, Universitas Pendidikan Mandalika)
Baiq Mirawati (Pendidikan Biologi, FSTT, Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia)
Husnul Jannah (Pendidikan Biologi, FSTT, Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa pendidikan biologi terhadap efektivitas pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Mandalika sebanyak 38 orang yang ditentukan dengan teknik convenience sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020 atau awal masa pandemi covid-19 di Indonesia. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup tentang persepsi mahasiswa pendidikan biologi terhadap pembelajaran daring dengan jawaban berdegradasi sesuai skala likert dan telah divalidasi ahli. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) persepsi mahasiswa pendidikan biologi adalah >70% memberikan respon negatif pada setiap jawaban tentang efektivitas pembelajaran daring, (2) analisis deskriptif data persepsi mahasiswa pendidikan biologi terhadap pembelajaran daring menghasilkan rata-rata sebesar 2,28 atau kategori Cukup Baik. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring di Program Studi Pendidikan Biologi pada Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020 atau awal pandemi covid-19 berlangsung kurang efektif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JISIP

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan merupakan kumpulan artikel ilmiah ilmu sosial dan pendidikan berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia. Terbit 3 kali setiap tahun pada bulan Maret, Juli, dan ...