JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol 5, No 1 (2021): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan)

EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII MTs. AL YUSUFIAH

Nurparida, Nurparida (Unknown)
Srirahayu, Erna (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2021

Abstract

Abstrak Dalam era perkembangan teknologi informasi saat ini sudah menjadi tuntutan bagi guru untuk bisa mendayagunakannya TIK dalam melaksanakan pembelajaran kearah yang lebih baik. Penelitian ini dilatarbelakangi atas sebagian besar hasil belajar siswa belum mencapai KKM. Media audio visual merupakan wahana penyampaian informasi atau pesan pembelajaran pada peserta didik, dengan media audio visual diharapkan guru dapat merangsang perkembangan kognitif peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Metode penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah desain dengan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok control. Dari hasil analisis data posttest diperoleh nilai rata-rata kemampuan akhir pada kelas eksperimen sebesar 85 dan kelas kontrol sebesar 72.5. Selanjutnya gain ternormalisasi pada kelas ekperimen sebesar 0.72 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0.48 dengan kategori sedang. Uji hipotesis Ha diterima artinya bahwa penggunaan media audio visual secara signifikan dapat lebih meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional mengenai materi kehidupan masyarakat Indonesia zaman praksara pada pembelajaran IPS terpadu KELAS VII Di MTs.Al Yusufiyah Kata Kunci : Media Audiovisual, Hasil Belajar, IPS Terpadu

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JISIP

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan merupakan kumpulan artikel ilmiah ilmu sosial dan pendidikan berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia. Terbit 3 kali setiap tahun pada bulan Maret, Juli, dan ...