JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala
Vol 5, No 5 (2020)

KOMPARASI KOMPETENSI SANTRI ASRAMA DAN NON ASRAMA DALAM BERKOMUNIKASI DI LINGKUNGAN PESANTREN ULIL ALBAAB

Baiq Yulia Kurnia Wahidah (Institut Pendidikan Nusantara Global JL. Raya Praya Mantang KM 07 Lombok Tengah,)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kompetensi komunikatif yang dimiliki oleh santri asrama dan nonasrama di Pondok Pesantren Ulil Albaab. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuasal Komparatif (Exs Post Facto).  Sampel dari penelitian ini adalah santri asrama dan nonasrama. Jumlah subjek 30 santri, di mana kelas asrama berjumlah 15 dan kelas nonasrama berjumlah 15 santri. Untuk mengukur tingkat kemampuan kompetensi komunikatif yang dimiliki oleh para santri digunakan instrumen, instrumen yang digunakan adalah angket yang berisi kriteria-kriteria penilaian dalam kompetensi komunikatif berpidato.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh santri asrama memiliki kompetensi yang lebih baik dari santri asrama, dengan perhitungan hasil nilai santri asrama memiliki nilai tertinggi 92 dengan rata-rata 84.2 sedangkan santri  nonasrama memiliki nilai tertinggi 76 dengan nilai rata-rata 58,7. Sehingga hipotesis Ha diterima dengan adanya perbedaan kompetensi komunikatif antara santri asrama dan nonasrama di Pondok Pesantren Ulil Albaab, dan menolak hipotesis 0 atau Ho.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JUPE

Publisher

Subject

Education

Description

The Mandala Education Journal is an educational scientific research article and the results of Social research, Science, Politics, and the results of literature ...