JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala
Vol 3, No 3 (2018)

Pengaruh Pembelajaran Kimia Menggunakan Metode Student Teams Achievement Divisions (Stad) Dan Team Assisted Individualization (Tai) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X Semester Ganjil SMAN 1 Sikur Tahun Pelajaran 2018/2019

Fena Prayunisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan  Team Assisted Individualization (TAI) terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 SIKUR pada materi ikatan kimia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengetahui keaktifan siswa dan soal-soal tes yaitu prates dan pascates untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMA Negeri 1 Sikur. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Analisis data menggunakan Analisis Variansi dua jalan dengan sel sama. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode STAD dan TAI terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JUPE

Publisher

Subject

Education

Description

The Mandala Education Journal is an educational scientific research article and the results of Social research, Science, Politics, and the results of literature ...