JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala
Vol 4, No 5 (2019)

PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN IPA TERPADU BERMUATAN KARAKTER PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK SISWA KLS VII MTs. QUDWATUN HASANAH MERTAK KESAMBIK TP.2018/2019

Mulia rasyidi (Unknown)
Asrorul Azizi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2019

Abstract

Pembelajaran IPA terpadu ditekankan untuk diterapkan disemua jenjang pendidikan. Pengembangan modul IPA Terpadu bermuatan pada  karakter dengan tema pemanasan global dapat membantu pembelajaran IPA terpadu di Madrasah Tsanawiyah Qudwatun Hasanah Mertak Kesambik. Tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui kelayakan serta keefektifan modul IPA terpadu bermuatan pendidikan karakter yang telah dikembangkan peneliti. Penelitian ini merupakan penelitian pengambangan. Tahapan-tahapan penelitian dikembangkan menggunakan model R&D yang diambil versi Sugiyono, 2009. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul IPA terpadu bermuatan  karakter layak serta efektif diterapkan untuk pembelajaran IPA Terpadu. Hal ini terlihat dari skor kelayakan penilaian tercapai 3,54 sesuai kriteria layak. Sedangkan pada ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa pada uji lapangan tercapai 100% yang artinya modul ini sangat efektif diterapkan pada saat  pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa modul IPA terpadu dengan muatan karakter dengan tema Pemanasan Global layak digunakan sesuai dengan kriteria kelayakan bahan ajar. Modul IPA terpadu berkarakter yang dikembangkan juga efektif dan dapat digunakan dalam pembelajaran di MTs.Qudwatu Hasanah kelas VII Tahun Pelajaran 2018/2019

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JUPE

Publisher

Subject

Education

Description

The Mandala Education Journal is an educational scientific research article and the results of Social research, Science, Politics, and the results of literature ...