Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance
Vol. 4 No. 1 (2021): Jurnal Tabarru' : Islamic Bangking and Finance

PENERAPAN STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN JUMLAH FUNDING DAN LENDING DI BMT HARAPAN UMMAT SIDOARJO

Indah Nur Anisa (Program Studi Perbankan Syariah, Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Renny Oktafia (Program Studi Perbankan Syariah, Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
01 May 2021

Abstract

Pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan I 2020 tercatat sebesar 2,97% (yoy) terjadi penurunan yang dimana pada triwulan IV 2019 mencapai 4,97% (yoy). Sedangkan kondisi pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur pada triwulan I 2020 sebesar 3,04% (yoy) dimana lebih rendah dibandingkan pada triwulan IV 2019 yang sebesar 5,54% (yoy). Dapat dilihat bahwa pertumbuhan ekonomi secara regional maupun nasional mengalami penurunan yang cukup signifikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan strategi marketing mix di BMT Harapan Ummat Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menerapkan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mendapatkan informasi secara langsung dari informan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dimana observasi menggunakan teknik observasi partisipatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi marketing mix di BMT Harapan Ummat sudah baik dan benar akan tetapi ada beberapa strategi yang belum terpenuhi secara utuh sehingga peningkatan jumlah funding dan lending serta pendapatan yang diterima BMT Harapan Ummat tidak meningkat di tiap bulannya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tabarru

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Scope and Focus of this journal subjected to area of : Islamic Banking (BUS, BPRS & UUS), Islamic Financial Intitutions such as Islamic Insurance (Takaful), Islamic Leasing, Islamic Capital Market (Islamic Bond/SUKUK & Islamic Stock), Islamic Pawn Shop, Baitamall Wattamwil (BMT), Islamic ...