JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Vol 6, No 1 (2021): VOLUME 6 NUMBER 1 MARET 2021

Struktur Argumen Paragraf Argumentatif: Studi Kasus Lima Jurnal Terindeks Sinta Rumpun Pendidikan Noneksata di LLDIKTI VIII

Antonius Nesi (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng)
Priska Filomena Iku (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan struktur argumen paragraf argumentatif pada artikel jurnal terindeks Sinta rumpun pendidikan noneksakta. Kerangka teori yang digunakan adalah konsep argumen Douglas Walton. Sumber data penelitian ini kasuistik, dikumpulkan dari 5 (lima) jurnal terindeks Sinta rumpun pendidikan noneksakta di wilayah LLDIKTI VIII. Wujud data penelitian ini ialah paragraf-paragraf argumentatif yang diidentifikasi dari sumber data berdasarkan konsep dasar paragraf argumentatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode simak, teknik baca dan catat. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik analisis konten. Dalam menerapkan teknik itu, peneliti melakukan inventarisasi, identifikasi, dan klasifikasi data. Data-data yang telah  dianalisis kemudian disajikan, diinterpretasi, dan dibahas secara informal. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa struktur argumen paragraf argumentatif pada jurnal terindeks Sinta rumpun pendidikan nonesakta terdiri atas dua jenis, yaitu (1) struktur tunggal dan (2) struktur dua lapis. Dalam struktur tunggal, argumen yang dikonstruksi penulis terdiri atas argumen AS (APA) dan AKV (AP). Sementara itu, dalam struktur dua lapis argumen yang dibangun penulis terdiri atas AKV (AP)-AS (APH), AA (AHP)-AS (APP), dan AS (AFH)-AA (ATT).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JP-BSI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (JP-BSI), publishes research-based articles in the field of language, literature, and learning. It is published twice a year, namely in March and September. The scopes of the topics include, but not limited to: 1) Foreign language learning, Indonesian ...