JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
Vol 6, No 1 (2021): Volume 6 Number 1, March 2021

KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SMA KOTA SURABAYA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

Mokhamad Imron (Bimbingan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya)
Najlatun Naqiyah (Bimbingan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya)
Retno Tri Hastuti (Bimbingan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1)  kinerja guru BK, pembinaan kepala sekolah, pembinaan pengawas, imbal jasa, dan pengalaman diklat guru BK SMA Kota Surabaya tahun pelajaran 2019-2020; (2) signifikansi pengaruh pembinaan kepala sekolah, pembinaan pengawas, imbal jasa, dan pengalaman diklat baik secara simultan maupun secara parsial terhadap kinerja guru BK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif eksplanatoris. Populasi guru BK SMA Kota Surabaya sejumlah 256 orang. Sampel 154 orang diambil menggunakan tabel Krejcie & Morgan. Data dikumpulkan dengan kuesioner, dianalisis dengan statistik deskriptif dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Secara deskriptif kinerja guru BK SMA Kota Surabaya tergolong baik, pembinaan kepala sekolah terhadap guru BK tergolong baik, pembinaan pengawas baik, pemberian imbal jasa tergolong baik, dan pengalaman diklat guru BK tergolong baik; (2) Pembinaan kepala sekolah, pembinaan pengawas, pemberian imbal jasa, dan pengalaman diklat secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru BK. F = 164,9 dan sig p < 0.01. Sumbangan efektifnya 83.2%; (3) Secara parsial pembinaan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru BK., sumbangan efektifnya 87%; (4) Pembinaan pengawas berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru BK., sumbangan efektifnya 27.2%; (5) Pemberian imbal jasa berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru BK., sumbangan efektifnya 11.5%; (6) Pengalaman diklat berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru BK., sumbangan efektifnya 24.6%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JBKI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is an-Opened Access journal and published twice a year every Maret and August. It publishes the research (no longer than 5 years after the draft proposed) in term of school counselling, career counselling, higher educational counselling. all finding in the ...