Psikoislamedia : Jurnal Psikologi
Vol 5, No 1 (2020): PSIKOISLAMEDIA : JURNAL PSIKOLOGI

Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik

Sartika Ayu Utami (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Eka Damayanti (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Wahyuni Ismail (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar biologi pada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan populasi seluruh peserta didik kelas XII SMAN 1 Pangkep yang berjumlah 144 orang dan sampelnya 72 orang yang diambil dengan menggunakan systematic random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket kecerdasan emosional dan dokumentasi hasil belajar biologi peserta didik. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan  analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan thitung > ttabel dan nilai sig.= 0,000 < 0,05. Hal itu membuktikan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik XII SMA Negeri 1 Pangkep dengan sumbangan pengaruh sebesar 39,4 persen dan 60,6 persen yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diterliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2020