Jurnal Seni Tari
Vol 9 No 2 (2020): Vol 9 No 2 (2020)

Pengembangan Buku Ajar Tari Simalungun Berbasis High Order Thinking Skills (Hots) dalam Mengatasi Kurangnya Bahan Ajar Materi Budaya Lokal Sumatera Utara

Dalimunthe, Wahyu Ramadani (Unknown)
Heniwaty, Yusnizar (Unknown)
Rahmah, Sitti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Bahan Ajar Tari Simalungun berbasis HOTS merupakan bahan ajar yang disusun berdasarkan darikebutuhan perangkat pembelajaran yang belum tercukupi dan dikembangkan denganmenyesuaikan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk siswa kelas X SMApada kompetensi dasar 3.1 memahami konsep, teknik, dan prosedur tari tradisional daerahsetempat. Produk buku ajar tari Simalungun ini dirancang untuk ketercapaian hasil belajarberdasarkan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Penyusunan bahan ajar tari Simalungunmenggunakan teori pengembangan Research and Development (R&D) diketahui bahwa ada 10tahapan, namun dalam penyusunan bahan ajar ini hanya menggunakan 8 tahapan. Adapun 8tahapan tersebut adalah (1) potensi dan masalah, (2) mengumpulkan informasi, (3) desain produk,(4) validasi desain, (5) perbaikan desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, dan (8) uji cobapemakaian. Selain itu penelitian ini juga menggunakan teori HOTS. Penelitian ini menggunakanmetode deskriptif kualitatif dengan pengambilan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi,dan studi kepustakaan. Dalam analisis data digunakan deskriptif kuantitatif untuk melihat validasiahli media, ahli materi, dan uji coba secara kelompok kecil. Dengan menjadikan tari Simalungun(Tortor Sombah) sebagai sampel dalam penelitian ini, dan beberapa narasumber serta modelsebagai peraga dalam tari ini. Hasil Penelitian ini berupa buku ajar yang berisi tentang gambarankehidupan masyarakat Simalungun, sejarah, jenis-jenis dan fungsi tari Simalungun, danpemahaman konsep, teknik, prosedur Tortor Sombah Simalungun.

Copyrights © 2020