Penelitian ini bertujuan melakukan evaluasi penerapan Information Technology (IT) governance pada institusi sektor layanan publik, dengan menggunakan kerangka kerja COBIT 5. Evaluasi dilakukan untuk memastikan kinerja implementasi layanan teknologi informasi (TI) dapat dirasakan manfaatnya oleh pemangku kepentingan dalam penyediaan informasi yang cepat, akurat, efektif dan efisien untuk mendukung pengambilan keputusan. Metode penelitian menggunakan COBIT 5 pada proses delivery, service and support (DSS) dan process capability model (PCM). Pendekatan yang dilakukan berupa studi kasus untuk menilai efektivitas layanan TI yang dijalankan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai process capability level domain DSS adalah 3,3 (established), yakni DSS1=4, DSS2=4, DSS3=4, DSS4=3, DSS5=3 dan DSS6=2. Proses DSS01, DSS02, DSS03 dan DSS04 telah memenuhi target kinerja. Sedangkan proses DSS04, DSS05 dan DSS06 masih dibawah target kinerja sehingga perlu dilakukan perbaikan. Rekomendasi perbaikan secara umum meliputi penyusunan dokumen BCP dan DRP, pengendalian informasi dan data bisnis, audit dan sertifikasi berdasarkan standar sistem manajemen keamanan informasi.
Copyrights © 2021