Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial
Vol 4 No 1 (2020)

Kualitas Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta (Reliability, Accessibility, Comfortabel, Competence, Assurance, dan Tangibel)

Botha, Hendrikus Hironimus (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2020

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Tulisan ini membahas tentang kualitas pelayanan kesehatan dengan menggunakan dimensi kualitas pelayanan publik Reliability, Accessibility, Comfortabel, Competence, Assurance, dan Tangibel. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunaka metode kuantitatif dengan menggunakan diagram kartesius. Hasil temuan menyatakan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan telah menunjukan kualitas pelayanan yang baik, yang terlihat dari dominasi dari ke delapan kriteria yang masuk dalam kuadran B. Artinya bahwa pada kuadran ini harapan pelanggan/masyarakat terkait dengan faktor-faktor pelayanan yang dianggap penting oleh pelanggan sudah sesuai dengan kenyataan yang dirasakan oleh masyarakat ketika mendapat pelayanan. Selain itu, ditemukan pula adanya dua kriteria yang masuk dalam kuadran A, yang mengindikasikan masih adanya gap antara harapan dan realita yang dirasakan oleh pelanggan. Oleh karena itu pihak RS Dr. Moewardi harus memperbaiki pola pelayanan tersebut.Kata kunci: Kualitas Pelayanan RS. Dr. Moewardi, dimensi kualitas pelayanan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

negara

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

editors accept scientific articles in the form of scientific studies, research works and scientific innovation ideas in the field of public administration, especially related to the development and innovation of public management and public policy that contains social issues that have not been ...