Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis
Vol 9, No 1: Februari 2021

ANTESEDEN LOYALITAS TAMU PADA HOMESTAY DI KAWASAN BALAI EKONOMI DESA (BALKONDES) BOROBUDUR

Ivo Novitaningtyas (Universitas Tidar)
Budi Rahardjo (Universitas Tidar)
Andhatu Achsa (Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh dari kualitas pelayanan, citra, dan pemasaran berbasis pengalaman terhadap loyalitas tamu dengan kepuasan tamu sebagai mediator pada homestay di Balkondes Borobudur. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data dari 112 responden sebagai sampel. Populasi penelitian adalah tamu yang pernah menginap di homestay Balkondes lebih dari sekali, sedangkan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling. Data dianalisis dengan Structural Equation Model (SEM) dengan AMOS. Hasil menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, citra, pemasaran berbasis pengalaman dan kepuasan tamu berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas tamu di homestay Balkondes. Lebih lanjut, kepuasan tamu terbukti menjadi memediasi hubungan antara kualitas pelayanan dan loyalitas tamu, citra dan loyaltas tamu, serta pemasaran berbasis pengalaman dan loyalitas tamu di homestay Balkondes.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPSB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis (JPSB) is a journal created to bridge researchers, management observers from various circles, lecturers, business people, and researchers. This journal is expected to be a driving force for increasing science, especially in the field of management. ...