Pemahaman matematis mahasiswa terhadap konsep-konsep yang diberikan masih rendah serta mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi apa yang diketahui dari soal yang diberiukan.. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis mahasiswa dalam matakuliah matematika ekonomi yang berkaitan dengan fungsi peawaran dan permintaan. Metodologi penelitian yang digunakan menggunakan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 40 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman matematis mahasiswa untuk matematika ekonomi dengan materi mengambarkan fungsi penawaran dan permintaan masih kurang. Kemampuan pemahaman untuk soalr satu hanya mencapai 42,5% mahasiswa berada pada kategori baik dan sangat baik dan Soal nomor dua hanya 37,5%. Hal ini disebabkan kebanyakan mahasiswa tidak paham untuk menentukan yang diketahui dari soal cerita yang diberikan tentu menunjukkan kurang pemahaman mahasiswa untuk mengkoneksikan dengan kehidupan sehari-hari. Jadi ini menunjukan indikator pemahaman matematis yaitu koneksi masih lebih rendah sibandikang dengan kemampuan pemahamam komputasi.
Copyrights © 2019