Jurnal Didactical Mathematics
Vol 2, No 3 (2020)

Penggunaan Media Garis Bilangan dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar

Dede Salim Nahdi (Scopus ID: 57216505892. SINTA ID : 6051940, Universitas Majalengka)
Nur Aulia Alfiani (Universitas Majalengka)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya pemahaman matematis siswa sekolah dasar. Penulis mencoba menggunakan media pembelajaran garis bilangan yang dipandang tepat dalam memudahkan siswa memahami konsep bilangan bulat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas IV SDN Majalengka Kulon III melalui Media Garis Bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelasĀ  dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Majalengka Kulon III, sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Media Garis Bilangan dalam pelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN Majalengka Kulon III. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa serta persentase ketuntasan siswa dari sebelum pemberian tindakan hingga siklus 2. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan penggunaan Media Garis Bilangan dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas IV SDN Majalengka Kulon III.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics Other

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...