Education Journal : Journal Educational Research and Development
Vol 4 No 2 (2020)

Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar

Agustin Rinawati (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Lilik Binti Mirnawati (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Fajar Setiawan (Universitas Muhammadiyah Surabaya)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2020

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Hubungan tersebut dapat dilihat dari hasil analisis data dari beberapa jurnal dan buku. Penelitian ini diawali dengan merumuskan permasalahan kemudian mencari data dari jurnal dan buku yang relevan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi literatur dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari 10 jurnal yang telah dianalisis sebelumnya. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara keterampilan membaca dengan keterampilan menulis narasi pada siswa sekolah dasar. Rata-rata yang didapatkan untuk keterampilan membaca sebesar 54,65% sedangkan untuk keterampilan menulis sebesar 55,14%. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca sangat erat hubungannya dengan keterampilan menulis, semakin banyak dan baik dalam membaca maka karya tertulisnya juga semakin baik. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini maka diharapkan siswa memiliki keterampilan membaca yang baik karena dengan membaca sangat berpengaruh terhadap keterampilan menulis yang dimiliki. Penelitian ini juga dapat digunakan sebagai saran untuk guru agar dapat memotivasi dan memperhatikan siswanya dalam keterampilan membaca dan menulis dan sebagai rujukan bagi peneliti lain, karena hasil penelitian ini didapatkan dari analisis dari 10 jurnal yang telah terakreditasi dan sesuai dengan variabel yang diambil.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ej

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Education Journal: Journal Educational Research and Development is an academic journal publishing researches related to education and instruction. The journal seeks studies having academic standards touching upon academic debates, problems and solutions related to educational issues. Education ...