Celebes Education Review
Vol 2 No 2 (2020): Oktober 2020

UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SILABUS DAN RPP MELALUI SUPERVISI AKADEMIK YANG BERKELANJUTAN DI SMAN 1 SIMBORO KABUPATEN MAMUJU

Sudirman Sudirman (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2021

Abstract

Setiap proses pasti selalu meliputi tiga kegiatan utama yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Demikian pula yang terjadi dengan proses belajar mengajar di sekolah. Seorang guru diharuskan melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Proses perencanaan pembelajaran yang harus dilakukan oleh seorang guru meliputi kegiatan utama sebagai berikut:(1) membuat program tahunan; (2) membuat program semester; (3) membuat silabus; (4) membuat rencana pelaksanaan pembelajaran; dan (5) membuat program ulangan/evaluasi. Dari kelima unsur tersebut di atas, silabus dan RPP merupakan persiapan paling minimal seorang guru ketika hendak mengajar. Berdasar kepada hasil analisa pada tahun pelajaran 2019/2020 di SMA Negeri 1 Simboro Kabupaten Mamuju, muncul permasalahan rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus dan RPP. Untuk meneliti lemahnya kinerja guru dalam hal tersebut, dilakukanlah penelitian untuk melihat sejauhmana langkah supervisi akademik kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang diuraikan pada bab IV, disimpulkan bahwa:(1) melalui supervisi akademik berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP di SMA Negeri 1 Simboro Kabupaten Mamuju. Ini terbukti dengan meningkatnya jumlah silabus guru yang baik dari 25% menjadi 75% setelah supervisi akademik dan jumlah RPP yang berkualitas baik juga meningkat dari 31% menjadi 87%; (2) langkah-langkah yang mengakibatkan terjadinya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP adalah sebagai berikut: (1) pengumuman rencana supervisi terhadap guru; (2) pelaksanaan supervisi individual; (3) pengecekan terhadap keoriginalitas silabus dan RPP yang disusun oleh guru. Untuk kepala sekolah disarankan bahwa pelaksanaan supervisi individual sangat cocok digunakan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP yang selama ini masih menjadi administrasi yang masih sulit diminta dari guru-guru dan kepala sekolah dapat memberikan masukan yang lebih jelas, bimbingan yang berkelanjutan dan terarah dalam pembinaan terhadap administrasi guru

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

CER

Publisher

Subject

Education

Description

Celebes Education Review merupakan jurnal ilmiah yang dikelola Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX Sulawesi dengan proses peer review. Menerbitkan artikel bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran, pendidikan vokasi, pengembangan kurikulum, supervisi/manajemen pendidikan, Psikologi Pendidikan ...