Wahana: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Vol 23, No 1 (2020)

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility

Berty Ismainingtyas (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya)
Bambang Suryono (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya)
W Wahidahwati (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2020

Abstract

Abstract. This study aims to discuss the effect of corporate governance which consists of the size of the board of commissioners, audit boards, institutional ownership, managerial ownership, media exposure, environmental performance, financial ratios consisting of leverage, size, profitability to disclosure of corporate social responsibility. The population in this study are Mining Companies that are listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) during the 2013-2017 period. Sampling used in this study using the census method using a total of 21 companies so that the number of studies in the study as many as 105 studies. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis using SPSS Statistics 22. The results show that media exposure and profitability are positively related to corporate social responsibility disclosure, while the size of the board of commissioners, audit committe, institutional, managerial ownership, environmental support, leverage and size, do not represent the disclosure of corporate social responsibility.Keywords: Corporate Governance; Media Exposure; Environmental Performance; Financial Ratios  Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh good corporate governance yang terdiri dari ukuran dewan komisaris, komite audit, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial,media exposure, kinerja lingkungan, rasio keuangan yang terdiri dari leverage, size, profitabilitas terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)  selama periode 2013–2017. Pegambilan sampel yang digunakan didalam penelitian ini menggunakan metode sensus dengan menggunakan seluruh populasi sebanyak 21 perusahaan sehingga jumlah observasi dipenelitian ini sebanyak 105 pengamatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS Statistic 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media exsposure dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility, sedangkan  ukuran dewan komisaris, komite audit, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, kinerja lingkungan,leverage dan size,tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Kata Kunci: Corporate Governance; Media Exposure; Kinerja Lingkungan; Rasio Keuangan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

wahana

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Wahana merupakan Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi yang diterbitkan oleh Akademi Akuntansi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara sebagai media untuk mengkaji berbagai fenomena atau permasalahan maupun hasil penelitian yang berhubungan dengan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi dalam arti luas. ...