Ruhama : Islamic Education Journal
Vol 3, No 2 (2020): Oktober 2020

KONTRIBUSI KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Agus Salim (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)
Ahmad Lahmi (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)
Aguswan Rasyid (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2020

Abstract

Tingkat motivasi peserta didik tidak jarang dipengaruhi oleh bagaimana kompetensi pendidik menyampaikan materi pembelajaran, penelitian ini bertujuan untuk mengukur besaran kontribusi kompetensi profesionalime yang dimiliki guru terhadap peningkatan motivasi peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, teknik pengambilan sampel adalah total sampel, teknik analisis data menggunakan dilakukan melalui berbagai uji dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian adalah kompetensi profesionalisme guru memberikan kontribusi berdasarkan adjusted R square sebesar 0.510 hal ini berarti 51% dari variabel peningkatan motivasi belajar siswa di MIN 2 Pasaman Barat dipengaruhi oleh variabel konstribusi kompetensi profesionalisme guru, adapun 49 % lainnya dipengaruhi oleh aspek lain di luar cakupan penelitian

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ruhama

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Ruhama : Islamic Education Journal PROGRAM PASCASARJANA UMSB, ISSN : 2615-2304, ESSN :2654-8437 merupakan jurnal penelitian dan kajian ilmiah yang diterbitkan Program Pascasarjana ...