Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis
Vol 9 No 2 (2021): MAGISMA

ORIENTASI WIRAUSAHA, ORIENTASI PASAR DAN KINERJA UKM: PENGARUH MEDIASI STRATEGI COST LEADERSHIP DI MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Pada UKM Laundry di Kota, Semarang)

Lukiastuti, Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2021

Abstract

Kinerjausaha merupakan keberhasilan ataupunkegagalan organisasi dalam menjalankan tugasdan fungsi pokokdalam rangkamewujudkan sasaran, target dan tujuan, Suatuperusahaanperlumemperhatikanfaktor-faktoryangmempengaruhikinerjanya.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruh mediasistrategikepemimpinanbiayapada hubungan orientasi wirausaha dan orientasi pasar terhadap kinerja UKM. Objek penelitian ini adalah UKM laundry di Kota Semarang dengan jumlah sampel sebanyak 100 UKM laundry. Metode pengumpulan data menggunakanmetodeprobabilitysampling.Analisisdenganpath analysis (analisis jalur).Hasil analisismenunjukkanorientasi pasar danorientasi wirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap strategi kepemimpinanbiaya. Orientasipasar,orientasiwirausahadanstrategikepemimpinanbiayaberpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKMlaundry, dan strategi kepemimpinanbiaya mampu memediasi pengaruh orientasi wirausaha dan orientasi pasar terhadapkinerjaUKMlaundrydiKota Semarang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

magisma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Ekonomi, Manajemen, Pemasaran, Keuangan, Manajemen Proyek, Manajemen Resiko, Manajemen Keuangan Internasional, Pemasaran Jasa, Ekonomika Manajerial, Sistem Informasi Manajemen, Bisnis Internasional, Manajemen Strategik, Manajemen ...