Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi menulis lamaran pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menulis surat lamaran pekerjaan menggunakan metode Kooperatif Jigsaw yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai dengan Desember 2019, bertempat di kelas XII Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) 3 semester gasal SMK Negeri 2 Purworejo tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan dalam satu siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas XII Otomaisasi dan Tata Kelola Perkantoran 3 semester gasal SMK Negeri 2 Purworejo tahun pelajaran 2019/2020. Hal itu dapat diketahui dari kondisi awal sampai dengan kondisi akhir terdapat peningkatan hasil belajar rata-rata. Pada kondisi awal hanya menunjukkan hasil rata-rata 69,69. Pada siklus I naik menjadi 78,78, dan pada siklus II naik menjadi 85,69. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari kondisi awal ke siklus I sebesar 9,09 poin, sedangkan dari kondisi awal ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 16 poin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga hasil belajar meningkat yaitu dari hasil siklus I ke siklus II. Pada siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas dalam pembelajaran hanya 11 siswa, sedangkan nilai tidak tuntas ada 21 siswa. Pada siklus II terdapat peningkatan nilai yaitu menjadi 32 siswa tuntas dalam pembelajaran. Disimpulkan bahwa metode Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar menulis surat lamaran pekerjaan.
Copyrights © 2021