Masalah dalam penelitian ini adalah kepedulian tehadap lingkungan hidup yang mulai memudar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pendidikan lingkungan hidup di Raudhatul Athfal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Raudhatul Athfal Al Uswah, Delanggu, Klaten, Jawa Tengah. dari bulan Februari sampai Mei 2019. Subyek penelitian ini adalah guru di Raudhatul Athfal Al Uswah. Informan penelitian ini yakni: Kepala RA dan siswa RA Al Uswah. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh menggunakan triangulasi sumber dan metode. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan Pendidikan lingkungan hidup dilaksanakan secara terprogram. Pelaksanaannya menggunakan metode bercerita juga didukung dengan pembiasaan, keteladanan pendidik, reward, dan hukuman untuk anak. Perencanaan, proses dan penilaian menggunakan kurikulum 2013. Pendidik terlebih dahulu menyusun RPPH dan membuat persiapan berupa alat peraga yang bervariasi setiap harinya. Ketika tidak ada alat peraga yang sesuai dengan cerita, guru menggambar di papan tulis. Ketika proses pembelajaran berlangsung pendidik menumbuhkan suasana dan pengkondisian kelas. Penilaian masih menggunakan penilaian yang sederhana.Kata Kunci: Pendidikan Lingkungan Hidup, Raudhatul Athfal
Copyrights © 2020