COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 4, No 3 (2021)

PEMBELAJARAN MEMBACA DONGENG SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ROLE PLAYING MELAUI MEDIA GAMBAR

Tika Kartika (PGSD IKIP SILIWANGI)
Muhamad Rizal Fauzi (PGSD IKIP SILIWANGI)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah implementasi pembelajaran membaca dongeng, respon guru dan siswa dalam pembelajaran membaca dongeng menggunakan metode role playing, melalui media gambar serta kesulitan yang dialami siswa dalam kegiatan Role playing dalam pembelajaran membaca dongeng. Pembelajaran membaca dongeng yang diterapkan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar  dengan menggunakan metode role playing  melalui media gambar memudahkan guru dalam menyampaikan materi tentang dongeng dan kesesuaian materi dengan metode yang digunakan. Siswa  dapat bermain peran sesuai dengan tema dongeng secara berkelompok, sehingga merangsang siswa untuk lebih aktif, kreatif, berani, dan kritis dalam menyampaikan pendapat yang ditampilkan setiap kelompok. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Skenario dan implementasi menunjukkan adanya temuan di lapangan yaitu metode role playing merupakan metode yang baru digunakan guru dalam pempelajaran Bahasa Indonesia tentang materi dongeng. Kesulitan yang dialami siswa dalam bermain peran yaitu pembuatan media yang cocok untuk mereka tampilkan saat bermain peran, serta kerja sama dalam kelompok sangat sulit dibangun karena kemampuan siswa berbeda satu dengan yang lainnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa dengan metode role playing dengan media gambar sesuai dengan tema merubah cara pembelajaran membaca dongeng  siswa kelas IV khususnya pada mata pelajaran Bahasa indonesia . 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...