Penelitian ini bertujuan untuk menelaah implementasi pembelajaran membaca dongeng, respon guru dan siswa dalam pembelajaran membaca dongeng menggunakan metode role playing, melalui media gambar serta kesulitan yang dialami siswa dalam kegiatan Role playing dalam pembelajaran membaca dongeng. Pembelajaran membaca dongeng yang diterapkan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan menggunakan metode role playing melalui media gambar memudahkan guru dalam menyampaikan materi tentang dongeng dan kesesuaian materi dengan metode yang digunakan. Siswa dapat bermain peran sesuai dengan tema dongeng secara berkelompok, sehingga merangsang siswa untuk lebih aktif, kreatif, berani, dan kritis dalam menyampaikan pendapat yang ditampilkan setiap kelompok. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Skenario dan implementasi menunjukkan adanya temuan di lapangan yaitu metode role playing merupakan metode yang baru digunakan guru dalam pempelajaran Bahasa Indonesia tentang materi dongeng. Kesulitan yang dialami siswa dalam bermain peran yaitu pembuatan media yang cocok untuk mereka tampilkan saat bermain peran, serta kerja sama dalam kelompok sangat sulit dibangun karena kemampuan siswa berbeda satu dengan yang lainnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa dengan metode role playing dengan media gambar sesuai dengan tema merubah cara pembelajaran membaca dongeng siswa kelas IV khususnya pada mata pelajaran Bahasa indonesia .
Copyrights © 2021