COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 4, No 1 (2021)

PEMBELAJARAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA SD KELAS V MATERI BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)

Cahyanti Yuni Astuti Astuti (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2021

Abstract

ABSTRAKDalam penelitian ini Peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk menganalisis skenario dan implementasi, respon guru dan siswa, serta kesulitan yang ditemui siswa dalam menyelesaikan tugasnya. Pemahaman konsep  sangatlah penting diterapkan kepada siswa usia 7-12 tahun yang masih berpikir dalam tahap operasional konkrit, hal ini dapat memudahkan siswa dalam  menerjemahkan pemahaman matematika. Dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) peserta didik dihadapkan dengan beberapa konsep melalui model konkrit yang berada di dunia nyata sehingga memudahkan mereka dalam mempelajari bangun ruang. Hal tersebut dapat mengurangi masalah yang dihadapi mereka dalam menyelesaikan tugasnya. Implementasi dan skenario yang dirancang melalui media yang bersifat konkrit yang disajikan guru, membuat siswa lebih aktif dan tertarik untuk mempelajari materi lebih dalam sehingga pembelajaran lebih interaktif. Respon siswa dan gurupun semakin positif. Masalah yang menyulitkan siswa berkaitan dengan kelemahan pendekatan RME sendiri yaitu membutuhkan waktu yang cukup lama dalam melakukan pembelajaran terutama pada siswa dengan pola belajar lambat, membutuhkan bimbingan dan perlakuan yang khusus agar mereka dapat memahami apa yang sedeng mereka pelajari. Dari penelitian serta pembahasan yang sudah dilaksanakan, peneliti memperoleh hasil dan menyimpulkan bahwa pendekatan RME memberikan pengaruh yang baik terhadap kegiatan pembelajaran siswa sehingga respon siswa dan guru lebih positif yang menghasilkan peningkatan pada pemahaman siswa terhadap konsep matematik. Kata kunci: Pemahaman Konsep Matematik, Bangun Ruang, Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...