COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 4, No 4 (2021)

ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN CUACA SISWA KELAS III MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Sumarni, Iis (Unknown)
Pratama, Deri Fadly (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2021

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan skenario dan implementasi pembelajaran, mengetahui respon guru dan siswa, serta mengetahui kesulitan-kesulitan siswa dalam mengerjakan tugas tematik yang menggunakan indikator pemahaman konsep pada materi cuaca dalam penggunaan model pembelajaran PBL. Metode penelitian yang dipakai peneliti adalah metode deskriftif kualitatif, hal ini supaya peneliti bisa menjelaskan upaya yang dilaksanakan oleh guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran khususnya materi cuaca. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III di sekolah swasta di kota Bandung, yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 11 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Penulis menggunakan observasi, angket dan tes sebagai instrument penelitian. Observasi diberikan kepada guru sebagai observer, angket diberikan kepada siswa sebagai (kelas) sebagai responden dan satu orang guru, serta tes diberikan kepada siswa sebagai subjek penelitian setelah data didapatkan dan dianalisis, dapat dikatakan bahwa penggunaan model pembelajaran yang diterapkan pada materi tersebut dapat digunakan dengan sangat baik dengan syarat pelaksanaan pembelajaran harus sesuai dengan fase model pembelajarannya. Sehingga, sangat disarankan bagi guru tematik untuk menggunakan model pembelajaran PBL dalam materi cuaca.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...