Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan skenario dan implementasi pembelajaran, mengetahui respon guru dan siswa, serta mengetahui kesulitan-kesulitan siswa dalam mengerjakan tugas tematik yang menggunakan indikator pemahaman konsep pada materi cuaca dalam penggunaan model pembelajaran PBL. Metode penelitian yang dipakai peneliti adalah metode deskriftif kualitatif, hal ini supaya peneliti bisa menjelaskan upaya yang dilaksanakan oleh guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran khususnya materi cuaca. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III di sekolah swasta di kota Bandung, yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 11 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Penulis menggunakan observasi, angket dan tes sebagai instrument penelitian. Observasi diberikan kepada guru sebagai observer, angket diberikan kepada siswa sebagai (kelas) sebagai responden dan satu orang guru, serta tes diberikan kepada siswa sebagai subjek penelitian setelah data didapatkan dan dianalisis, dapat dikatakan bahwa penggunaan model pembelajaran yang diterapkan pada materi tersebut dapat digunakan dengan sangat baik dengan syarat pelaksanaan pembelajaran harus sesuai dengan fase model pembelajarannya. Sehingga, sangat disarankan bagi guru tematik untuk menggunakan model pembelajaran PBL dalam materi cuaca.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021