COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 4, No 1 (2021)

PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA (POWERPOINT) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Eksperimen pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Nangela)

Ramadhan, Gilang Mas (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2021

Abstract

Motivasi yang tinggi dalam mengikuti proses pembelajaran adalah salah satu hal yang penting, guna menciptakan efektifitas serta efisiensi pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas, maka untuk mewujudkan hal tersebut, perlu adanya pemanfaatan media ajar secara optimal terutama yang berbasis multimedia, karena penggunaan multimedia ini belum mendapatkan perhatian lebih dari para pendidik,  dengan berbagai alasan. misalnya saja terbatasnya waktu untuk menyiapkannya, sulit mencari media yang tepat, dan juga tidak tersedianya cukup dana. Adapun Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia berbasis powerpoint terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SDN Nangela kab. sukabumi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan design penelitian One- Group Pretest-Posttest Design. dengan Sampel penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran angket, Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan multimedia dalam pelaksanaan pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik, hal ini ditunjukan dari nilai rata-rata yang didapat siswa sebelum diberikan treatment sebesar 54, dan nilai rata-rata setelah diberikan treatment sebesar 80. Dari data hasil uji t menunjukan bahwa nilai t sebesar 40,307 Sig 0,000 lebih kecil < 0,05. Dengan demikian maka dapat disimpulan bahwa penggunaan multimedia berbasis powerpoint ini memberikan pengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SDN Nangela.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...