COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 4, No 1 (2021)

PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA SD KELAS 1 DENGAN MENGGUNAKAN METODE EJA

Latifah, Laila Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui pembelajaran keterampilan membaca permulaan pada siswa SD kelas 1 dengan memakai metode eja. Deskriptif kualitatif sebagai Metode yang dipakai pada penelitian ini. Subjek dari penelitian ini yakni siswa kelas 1 SD di SDN Nugraha dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa terdiri dari 12 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Instrumen yang dipakai yakni lembar observasi guru dan siswa, soal tentang membaca permulaan, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kenaikan kualitas pembelajaran ketika di terapkan metode eja. Hal tersebut ditunjukan dengan skor rata-rata pada observasi guru sebesar 95, skor rata-rata pada observasi siswa sebesar 93, persentase peningkatan dari nilai pre test ke post tets sebesar 35,83%, serta persentase skor angket guru sebesar 95%, dan rata-rata persentase skor angket siswa sebesar 93%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...