Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang tertarik belajar perkalian dan pembagian karena menganggap sulit dipahami, serta tidak menyenangkan, sehingga menyebabkan hasil belajar tidak memuaskan. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran perkalian dan pembagian sebelum dan sesudah menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media keranjang biji-bijian, respon dan kesulitan siswa pada proses pembelajaran, serta kendala yang dihadapi guru. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 195 Isola Kota Bandung berjumlah 26 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Analisis data dilakukan dengan membandingkan skor atau nilai siswa dengan KKM yang telah ditentukan oleh sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa, proses pembelajaran sangat baik, dan siswa merespon dengan sangat senang. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media keranjang biji-bijian dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2021