COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 4, No 4 (2021)

PEMBELAJARAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DENGAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA KERANJANG BIJI-BIJIAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 195 ISOLA

Resti Sarifah Ningsih (SDN 195 ISOLA)
Linda Hania Fasha (PGSD IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang tertarik belajar perkalian dan pembagian karena menganggap sulit dipahami, serta tidak menyenangkan, sehingga menyebabkan hasil belajar tidak memuaskan. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran perkalian dan pembagian sebelum dan sesudah menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media keranjang biji-bijian, respon dan kesulitan siswa pada proses pembelajaran, serta kendala yang dihadapi guru. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 195 Isola Kota Bandung berjumlah 26 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Analisis data dilakukan dengan membandingkan skor atau nilai siswa dengan KKM yang telah ditentukan oleh sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa, proses pembelajaran sangat baik, dan siswa merespon dengan sangat senang. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media keranjang biji-bijian dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...