COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 4, No 2 (2021)

PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF TEGAK BERSAMBUNG PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS)

Neneng Nurhayati (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian data sekunder. Berdasarkan hasil pengamatan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf tegak bersambung dengan menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). Penelitian ini dilaksanakan di MI Ma’arif Blotongan Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019 dan di SDN 61 Tondok Alla Kecamatan Telluwanua Kota Palopo. Dari kedua penelitian ini teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui metode observasi dan tes. Analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif. Hal ini dibuktikan hasil rata-rata yang memenuhi KKM sebanyak 85% dan 88,89%. Dengan menggunakan metode ini siswa lebih aktif dan antusias serta mengikuti pembelajaran lebih menyenangkan. Kata Kunci: menulis tegak bersambung, metode SAS, sekolah dasar  This study uses secondary research. Based on the results of the observation, it aimsto improve writing skills cursive using Synthetic Structural Analytical Methods (SAS). The research was conducted at MI Ma’arif Blotongan Salatiga in the 2018/2019 academic year and SDN 61 Tondok Alla, Telluwnua District, Palopo City. From these two studies data collection techniques were carried out through observation and test methods. The data analysis is descriptive analysis. This is evidenced by the average results that meet the KKM are 85% and 88,89%. By using this method students are more active and enthusiastic and take more fun learning.Key words : writing skills cursive, syntheetic structural analytical method, elementry school

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...