COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 4, No 2 (2021)

Analisis Kekeliruan dalam Penulisan Kata Baku pada Lembar Jawaban Materi Keragaman Suku Bangsa dan Agama pada Siswa Kelas V SD

Frans Lumban Toruan (IKIP Siliwangi)
Euis Eti Rohaeti (IKIP Siliwangi)
Galih Dani Septian Rahayu (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Menulis merupakan aspek penting dalam pendidikan, khususnya bagi siswa saat pembelajaran berlangsung di kelas. Dalam penulisan secara formal banyak aspek penting yang harus diperhatikan, salah satunya adalah kebakuan kata yang digunakan. Namun pada kenyataannya masih banyak penulisan kata baku yang tidak sesuai dengan kaidah kebahasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kekeliruan kata baku yang ditulis oleh siswa dalam menulis jawaban dari soal materi pelajaran keragaman suku bangsa dan agama serta menjabarkan faktor yang mempengaruhi kekeliruan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN Cibabat Mandiri 1. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 28 kekeliruan penulisan kata dari 39 siswa dengan faktor penyebab sebagai berikut: (1) faktor dwikebahasaan, (2) faktor lingkungan, (3) faktor kebiasaan dalam bahasa ibu, dan (4) faktor tidak cukupnya kosakata bahasa penerima.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...