COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 4, No 3 (2021)

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Nurmaliah Nurmaliah (IKIP SILIWANGI)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran dan respon guru dan siswa. Kemampuan Pemahaman Konsep IPA sangat penting diterapkan pada siswa kelas V sekolah Dasar., lantaran buat menemukan cara berfikir siswa untuk mengunkapkan pembelajaran IPA mengaitkan  mengaitkan antara materi yang diajarkan menggunakan situasi global konkret siswa pada kehidupan sehari-hari,  pada pembelajarannya akan mengaitkan dengan alternatif yang lain. Melalui Model Contextual Teaching And Learning (CTL), siswa bisa aktif dalam memompa kemampuan diri dan merangsang otak buat menyusun pola-pola yang mewujudkan makna dan menghubungkan muatan akademis menggunakan konteks kehidupan sehari-hari buat mengurangi kesulitan belajar sehingga pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menarik . Penelitian ini memakai metode Deskriptif Kualitatif.Skenario dan Implementasi menunjukan adanya temuan dilapangan yaitu siswa bisa bejarar lebih aktif dengan cara guru memberikan pengalaman belajar mengaitkan antara materi yang diajarkan menggunakan situasi global konkret siswa dan hubungan sosial antara menggunakan guru ataupun teman. Respon guru dan siswa sangat baik. Berdasarkan output penelitian dan pembahasan pada penelitian ini, maka bisa disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh kemampuan Pemahaman Konsep IPA siswa kelas V khususnya dalam mata pelajaran IPA sesudah diterapkannya model  Contextual Teaching And Learning (CTL).Kata kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep IPA , Model Contextual Teaching And Learning (CTL)

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...