Ruangguru merupakan sarana bimbingan belajar online yang menyediakan berbagai soal dan video pembelajaran yang membahas berbagai bidang ilmu, salah satunya bahasa Indonesia yakni genre Teks Laporan. Penelitian ini difokuskan pada analisis keterampilan narator dalam penyajian materi atau bahan ajar Teks Laporan di aplikasi ruangguru. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan metode analisis konten. Dengan kata lain, penelitian ini akan mendeskripsikan (1) keyakinan, (2) kepercayaan diri dan (3) keterikatan dalam menyajikan materi teks laporan di video pembelajaran tersebut. Teks laporan disajikan di kelas VI sekolah dasar (SD) dengan kompetensi dasar (KD) 3.1 yaitu Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. Hasil penelitian menunjukan bahwa keyakinan, kepercayaan diri serta keterkaitan terhadap materi yang dipaparsajikan narator cukup terlihat korelasinya serta kelugasan. Oleh karena itu, keterampilan narator mampu mengemas video pembelajaran dengan menyesuaian syarat tersebut, dengan tujuan memotret keterampilan narator tersebut untuk dijadikan rujukan dalam membuat video pembelajaran.
Copyrights © 2021