Jurnal Perspektif
Vol 5, No 1 (2021): Jurnal Perspektif: Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021

ANALISIS FILSAFAT PAULO FREIRE TERHADAP SISTEM PENDIDIKAN INDONESIA

Asep Sudrajat Ajat (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
R. Yuli Akhmad Hambali (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan potensi penindasan dalam sistem pendidikan di Indonesia khususnya di SMP Negeri 1 Baleendah Bandung, serta memberikan gambaran bagaimana mekanisme pendidikan yang membebaskan menurut kategori Paulo Freire. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan karakter deskriptif dimana peneliti secara langsung mengamati dan mengumpulkan data dengan teknik wawancara di lapangan. Wawancara dilakukan kepada guru, siswa, dan komite sekolah sebagai wakil orang tua siswa. Hasil penelitian ini meliputi potensi pendidikan yang menindas seperti model pendidikan gaya bank, potensi terciptanya situasi penindasan, serta adanya masifikasi pendidikan oleh pihak berkuasa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Arts Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Other

Description

Multidicipliner: Social Science, Law and Islamic Law, Education, Politic, Science and Technology, Languistic. ...