Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kesulitan-kesulitan yang dialami guru khususnya pada kelas II Di SD Muhammadiyah Karangwaru, dalam proses penerapan pembelajaran tematik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ialah kepala sekolah, wakil ketua kurikulum dan guru kelas II Di SD Muhammadiyah Karangwaru. Objek yang diambil berupa kesulitan guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik dan kesulitan guru dalam penerapan pembelajaran tematik. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dari teori Miles and Huberman dengan siklus mulai pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa, dalam tahapan pelaksanaan pembelajaran tematik terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung berasal dari dorongan yang diberikan kepala sekolah dan fasilitas di dalam kelas yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan penyampaian materi pembelajaran. Sedangkan untuk faktor penghambat yang dialami guru adalah kurangnya pelatihan atau pemahaman lebih lanjut mengenai penerapan pembelajaran tematik. Pada proses kegiatan, guru masih mengalami kesulitan pada tahapan perencanaan pembelajaran terutama proses penyusunan RPP, untuk tahapan pelaksanaannya pada penentuan model dan pendekatan scientific. Untuk mengatasi kesulitan yang dialami guru melakukan forum atau sharing bersama dengan sesama guru kelas II, sedangkan upaya untuk mengaktifkan peserta didik guru menggunakan alat bantu media pembelajaran.
Copyrights © 2020