Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan model discovery learning pada pemecahan soal cerita Matematika; 2) mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap soal cerita Matematika.Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian ini adalah quasi experimental. Menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rancangan penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Instrument yang digunakan adalah soal pretest dan posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelompok kelompok eksperimen dan kelas VB sebagai kelompok kontrol SD Negeri Kotagede III. Teknik analisis data menggunakan uji independent t-testBerdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, menunjukan bahwa model discovery learning dengan menggunakan uji independent t-test kelas eksperimen memperoleh hasil signifikansi 0,000˂0,05 maka Ha diterima dan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap pemecahan soal cerita Matematika.
Copyrights © 2020