Pemikiran siswa SMA di Pontianak yang keliru tentang mutasi dikaji dalam penelitian ini. Mutasi merupakan salah satu topik dalam genetika yang masih ditemukan miskonsepsi. Kesalahan memahami konsep dalam genetika dapat mengarah pada kesalahan pemahaman konsep pada pembelajaran tingkat berikutnya misalnya pada materi evolusi. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk survei. Seratus orang siswa SMA kelas XII IPA di Kota Pontianak yang berpartisipasi dalam penelitian ini diambil secara acak (random sampling). Hasil penelitian menemukan bahwa pemikiran siswa yang keliru didominasi oleh pemikiran intuitif, alasan yang tidak lengkap dan prakonsepsi. Delapan jenis miskonsepsi dijabarkan dalam konsep mutasi yang mencakup dampak mutasi yang menguntungkan, perbedaan mutasi somatik dan mutasi germinal, serta jenis mutasi penyebab sindrom. Kekeliruan dalam memahami konsep mutasi dapat menyulitkan siswa dalam memahami konsep lanjutan seperti bahwa setiap organisme memiliki peluang untuk mengalami perubahan
Copyrights © 2021