MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 7 No 2 (2020): Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Penggunaan Analisis Diskriminan untuk Menganalisis Kemampuan Siswa dalam Menguasai Materi Bentuk Aljabar

oswaldus Dadi (Universitas Musamus)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kesulitan siswa dalam memahami materi bentuk aljabar. Kesulitan siswa dalam memahami materi bentuk aljabar dapat dilakukan dengan mengidentifikasi siswa yang sudah memahami materi bentuk aljabar dan yang belum memahami materi bentuk aljabar dengan menggunakan variabel memahami bilangan bulat (X1), variabel mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya (X2), variabel melakukan operasi pada bentuk aljabar (X3), variabel menguraikan bentuk aljabar kedalam faktor-faktornya (X4), dan variabel penggunaan aljabar untuk menyelesaikan masalah (X5). Analisis diskriminan digunakan untuk membedakan variabel-variabel pembeda antara kelompok siswa yang sudah memahami dan yang belum memahami materi bentuk aljabar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A dan VIII B SMP YPK Tomer sehingga sampel dalam penelitian berjumlah 33 orang siswa. Metode analisis yang digunakan adalah analisis diskriminan. Data dalam penelitian diperoleh dari hasil tes materi bentuk aljabar yang diberikan pada siswa, dimana soalnya disusun berdasarkan variabel-variabel yang diamati. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 33 orang siswa hanya 2 orang siswa yang tuntas, dan 31 orang siswa yang lainnya tidak tuntas. Fungsi diskriminan yang terbentuk dalam penelitian ini adalah Y = -2,289 + 0,103X4 .Faktor penyebab siswa tidak tuntas dikarenakan siswa kurang memahami bagaimana menguraikan bentuk aljabar kedalam faktor-faktornya (X4). Ketetapan klasifikasi yang dihasilkan sebesar 100% atau sempurna.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

magistra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Musamus menerima artikel hasil hasil penelitian di bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang meliputi bidang pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia, pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi, pendidikan bahasa ...