MULTINETICS
Vol. 5 No. 1 (2019): MULTINETICS Mei (2019)

Animasi 2.5D sebagai Media Pembelajaran Sejarah untuk SMP

Eriya Eriya (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2019

Abstract

Perkembangan teknologi multimedia khususnya animasi membawa peranan yang cukup besar bagi dunia Pendidikan. Animasi mampu memvisualisasikan sebuah konsep, objek, hubungan, keadaan, proses dan prosedur kerja. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk proses pembelajaran. Media pembelajaran berbasis animasi dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa. Salah satu mata pelajaran yang perlu didukung oleh media animasi adalah pelajaran sejarah. Banyak siswa berpendapat bahwa pelajaran sejarah adalah pelajaran yang cukup membosankan karena materi yang banyak dan materi berisi rangkaian peristiwa yang perlu dipahami siswa.  Bagaimana agar pelajaran ini dapat menarik dan menyenangkan untuk dipelajari maka perlu dibuat sebuah aplikasi media pembelajaran sejarah berbasis animasi. Dengani aplikasi ini materi pelajaran sejarah disampaikan melalui video animasi yang menarik bagi siswa. Paper ini bertujuan memaparkan bagaimana membuat media pembejaran sejarah berbasis animasi 2.5D. Adapun metode pembuatan animasi menggunakan Villamil-Molina. Video animasi yang dihasilkan dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran sejarah dengan efektif. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

multinetics

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Multinetics is a peer-reviewed journal is published twice a year (May and November). Multinetics aims to provide a forum exchange and an interface between researchers and practitioners in any computer and informatics engineering related field. Scopes this journal are Content-Based Multimedia ...