Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial
Vol 6 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial

Implementasi Agama Islam Dalam Membangun Nilai-Nilai Religius Peserta Didik Pada Sekolah Dasar Tahfizulqur’an (SDTQ) Darulwafa Pejarakan Karya Ampenan

Sahwan Sahwan (Universitas Islam Al-Azhar Mataram, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2021

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius di lingkungan sekolah Dasar Tahfizulqur’an(SDTQ) Darul Waf. Dalam tulisan ini peneliti menggunakan Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologik, yaitu penelitian dengan mengamati fenomena yang terjadi di lapangan secara alamiah. Teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, dialog, cerita dan dokumentasi. Selain itu, data disajikan dengan menggunakan pendekatan deskriptif, dalam bentuk kata-kata, tulisan, untuk memperjelas data yang dikumpulkan dan dianalisis. Nilai religius adalah nilai yang bersumber dari agama yang mempunyai keterkaitan yang sangat erat dengan ketenangan jiwa seseorang. Guru pendidikan Islam dan pembina rohani Islam (Rohis) berperan penting dalam pembentukan peserta didik menjadi peserta didik yang agamais dan religius. Sebuah lembaga pendidikan hendaknya menanamkan nilai-nilai religius kepada peserta didik sebagai pondasi dalam mengenal banyaknya disiplin ilmu lainnya. Dengan begitu para guru berupaya menciptakan budaya religius guna membentuk kepribadian peserta didik menjadi manusia yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia. Simpulan menggambarkan usaha yang telah dilakukan para dewan guru dalam membangun nilai-nilai religius di Lingkungan Sekolah Dasar Tahfizulqur’an (SDTQ) Daru Wafa, dilakukan dengan baik dan efektif dengan diterapkannya dalam kegiatan keseharian seperti pembiasaan membaca Al-Qur’an dan hadist, menerapkan akhlak al-karimah, baik dalam berucap, bersikap, dan sangat menghormati kdua orang tua, guru maupun sesama teman disitulah tempat penempaaan peserta didik melalui tauladan yang diperlihatkan para dewan guru kepada para peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tarbawi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Tarbawi (P-ISSN: 2640-6375) (E-ISSN: 2685-256X) adalah jurnal yang dikelola fakultas tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor. Jurnal ini membahas tentang bidang Pendidikan dan Isu-Isu Sosial. Dimana fokus dalam Jurnal Tarbawi adalah pendidikan Islam dan isu-isu sosial yang berkaitan ...