Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 7 No. 1 (2021)

Pengaruh Metode Stimulus Respon terhadap Daya Serap pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara

M Zulham (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
20 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) Hasil daya serap siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palopo sebelum dan setelah diterapkan metode stimulus respon pada pembelajaran keterampilan berbicara, (2) peningkatan daya serap siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palopo setelah penerapan metode Stimulus Respon pada pembelajaran keterampilan berbicara. Satuan eksperimen adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 6 Palopo dengan jumlah siswa 32 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil daya serap siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil daya serap siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palopo sebelum diterapkan metode stimulus respon pada pembelajaran keterampilan berbicara berada pada kategori sangat rendah, (2) Hasil daya serap siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palopo setelah diterapkan metode stimulus respon pada pembelajaran keterampilan berbicara berada pada kategori sangat tinggi, (3) Terjadi peningkatan daya serap siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palopo setelah penerapan metode Stimulus Respon pada pembelajaran keterampilan berbicara. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode stimulus respon berpengaruh terhadap daya serap siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palopo pada pembelajaran keterampilan berbicara.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...